SILABUS MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Sekolah :
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni, budayadengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode dan model pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Fokus Karakter
|
3.1 Memahami konsep
ruang (lokasi,
distribusi, potensi,
iklim, bentuk muka
bumi, geologis, flora
dan fauna) dan
interaksi antarruang
di Indonesia serta
pengaruhnya
terhadap kehidupan
manusia dalam
aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan
pendidikan
4.1 Menyajikan hasil
telaah konsep ruang
(lokasi,distribusi,
potensi, iklim,bentuk
muka bumi,geologis,
flora dan fauna) dan
interaksi antarruang
Indonesia serta
Pengaruhnya
terhadap kehidupan
manusia Indonesia
dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan
pendidikan
Peserta didik mampu :
3.2 menganalisis
interaksi sosial dalam
ruang dan
pengaruhnya
terhadap kehidupan
sosial, ekonomi dan
budaya dalam nilai
dan norma serta
kelembagaan sosial
budaya
4.2 menyajikan hasil
analisis tentang
interaksi sosial
dalam ruang dan
pengaruhnya
terhadap kehidupan
sosial, ekonomi dan
budaya dalam nilai
dan norma, serta
kelembagaan sosial
budaya
|
Manusia, Tempat dan
Lingkungan
A. Pengertian ruang dan Interaksi antar ruangKonektivitas antar ruang
1. Saling Melngkapi
2. Persebaran Penduduk
B. Letak dan Luas Indonesia
1. Pemahaman lokasi melalui peta
2. Letak dan Luas Indonesia
C. Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia
1. Potensi Sumber daya alam Indonesia
2. Potensi kemaritiman Indonesia
D. Dinamika Penduduk Indonesia
1. Jumlah penduduk
2. Persebaran penduduk
3. Komposisi penduduk
4. Pertumbuhan dan kualitas penduduk
5. Keragaman dan etnik budaya
E. Kondisi Alam Indonesia
1. Keadaan fisik wilayah
2. Flora dan fauan
F. Perubahan Akibat Interaksi Antar ruang
1. Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan
2. Perubahan penggunaan lahan
3. Perubahan orientasi mata pencaharian
· Interaksi sosial:
pengertian,
syarat, dan
bentuk
(akomodasi,
kerja sama,
asimilasi)
· Pengaruh interaksi
sosial
Terhadap
Pembentukan
lembaga sosial,
budaya,
ekonomi,
pendidikan dan
politik
· Lembaga sosial:
pengertian,
jenis dan
fungsi
(ekonomi,
pendidikan,
budaya, dan
politik)
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian konsep
ruang dan interaksi antar ruang
3.1.2 Menyebutkan contoh interaksi antar Ruang.
3.1.3. Menjelaskan faktor penyebab terjadinya Interaksi antar ruang.
3.142 Menganalisis
dampak dari adanya interaksi antar ruang terhadap kehidupan Manusia dalam
aspek ekonomi,sosial, Budaya
dan pendidikan.
3.1.1 Menjelaskan
pengertian peta
3.1.2 Menyebutkan
komponen dari peta.
3.1.3.Menjelaskan
pengertian, macam dan fungsi dari skala
3.1.4
Menyebutkan letak wilayah Indonesia secara
geografis, astronomis, dan geologis.
3.1.5
Menjelaskan dampak letak geografis, astronomis dan
geologis
wilayah Indonesia
3.1.6
Menjelaskan dampak luas wilayah Indonesia
3.1.1 Menjelaskan persebaran sumber
daya
3.1.2
Menjelakan potensi Hutan Indonesia
3.1.3 Menjelakasn
potensi tambang Indonesia.
3.1.4. Menjelaskan potensi
kemaritiman Indonesia
3.1.5 Menjelakasn potensi perikanan Indonesia
3.1.6 Menjelaksan potensi Hutan mangrove
3.1.7 Menjelakan potensi terumbu karang
3.1.1 Menjelaskan pengertian
penduduk.
3.1.2. Menjelaskan komposisi penduduk
3.1.3 Menjelakan jumlah penduduk
3.1.3 Menjelaskan Persebaran penduduk
3.1.4 Menjelaskan pertumbuhan, kuantitas dan
kualitas penduduk
3.1.5 Menjelaskan keragaman dan etnik budaya
Indonesia
3.1.1 Mendeskripsikan keadaan bentuk muka bumi Indonesia
3.1.2
Menjelaskan
iklim di Indonesia
3.1.3 Mendeskripsikan geologi Indonesia
3.1.4 Mendeskripsikan keragaman flora dan fauna Indonesia
3.1.4 Menjelaskan factor-faktor flora dan fauna
3.1.5 menjelaskan pembagian fauna
3.1.6 Menjelaskan upaya pelestarian flora dan fauna
3.1.1
Menjelaskan pengaruh
interaksi antar ruang terhadap kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya,
dan pendidikan.
3.1.2
Menjelaskan
akibat interaksi antar ruang
3.2.1
Menjelaskan
pengertian interaksi sosial.
3.2.2
Mendeskripsikan
syarat interaksi social.
3.2.3
Membedakan
bentuk-bentuk interaksi sosial.
3.2.4
Menjelaskan
bentuk interaksi Asosiatif
3.2.5
Membedak
bentuk Interaksi Disosiatif
3.2.1
Menjelaskan pengertian pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga
social.
3.2.2
Memberikan
contoh pengeruh interkasi social terhadap pembentukan lembaga sosial
3.2.3
Menjelaskan
pengertian lembaga social.
3.2.4
Menjelaskan
jenis-jenis lembaga social.
3.2.5
Menjelaskan
fungsi-fungsi lembaga social.
3.2.6
Menyebutkan
contoh lembaga social
3.2.7
Menjelsakn
lembaga social keluarga
3.2.8
Menjelsakn
lembaga social agama
3.2.9
Menjelsakn
lembaga social ekonomi
3.2.10
Menjelsakn
lembaga social politik
|
·
Mensimulasikan interaksi
antar ruang, mengamti slide , gambar, diskusi dan membaca buku
·
Peserta didik mengamati peta
Indonesia, slide, gambar dan membaca buku dan diskusi
·
Peserta didik mengamati tayangan
video, gambar dan slide dan membaca buku siswa tentang potensi sumber daya Alam Indonesia
·
Peserta didik mengamati tayangan
slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang dinamika penduduk Indonesia
·
Peserta didik mengamati tayangan
slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang keadaan fisik wilayah Indonesia serta flora
dan fauan
·
Peserta didik mengamati tayangan
slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang interaksi antar ruang
·
Mensimulasikan interaksisosial,
mengamti slide, gambar, diskusi dan membaca buku
·
Peserta didik mendiskusikan dengan mengamti slide, gambar, dan membaca
buku
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang lembaga social dan membaca buku siswa
|
Metode:
Diskusi, ceramah, penugasan
Model Pembelajaran:
Inquiry, Discovery learning, PBL
Metode:
Diskusi, Penugasan, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Inquiry, discovery, PBL
Metode:
Diskusi, Penugasan, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Inquiry, PBL
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Inquiry, discovery
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Discovery learning
Inquiry learning
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Discovery , PBL
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry
Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab
Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry
|
Sikap:
Observasi/jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal
Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian
Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
|
4 JP
6 JP
10 JP
8 JP
8JP
4 JP
8 JP
4
JP
14 JP
|
· Peta Indonesia
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
· Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
· Media cetak /elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
· Peta Indonesia
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
· Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
· Media cetak /elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
· Peta Indonesia
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Kemendikbud
RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
· Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
· Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
· Media cetak /elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
· Bersyukur
· Rasa ingin tahu
· Peduli lingkungan
· Bersyukur
· Kerja sama
· Peduli lingkungan
· Bersyukur
· Kerja sama
· Peduli lingkungan
· Rasa ingin tahu
· Bersyukur
· Kerja sama
· Rasa ingin tahu
· Bersyukur
· Kerja sama
· Kepedulian
· Rasa ingin tahu
· Bersyukur
· Kerja sama
· Kepedulian
· Rasa ingin tahu
· Bersyukur
· Kerja sama
· Toleransi
· Bersyukur
· Kerja sama
· Kerja keras
· Bersyukur
· Kerja sama
· Kerja keras
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
______________________
|
Bangkinang,
Juli 2017
Guru Bidang Studi
_________________
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar