Senin, 30 Oktober 2017

Silabus kelas 7 K 13 revisi

SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


Sekolah                         : 
Kelas                              :  VII (Tujuh)
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester                      :  1 (satu)

Kompetensi Inti 
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni, budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Metode dan model pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Fokus Karakter
3.1 Memahami konsep
      ruang (lokasi, 
      distribusi, potensi,
      iklim, bentuk muka
      bumi, geologis, flora
      dan fauna) dan
      interaksi antarruang
      di Indonesia serta
      pengaruhnya
      terhadap kehidupan
      manusia dalam
      aspek ekonomi,
      sosial, budaya, dan
      pendidikan

4.1 Menyajikan hasil
     telaah konsep ruang
     (lokasi,distribusi,
     potensi, iklim,bentuk
     muka bumi,geologis,
     flora dan fauna) dan
     interaksi antarruang
     Indonesia serta
     Pengaruhnya
     terhadap kehidupan
     manusia Indonesia
     dalam aspek ekonomi,
     sosial, budaya, dan
     pendidikan











































Peserta didik mampu :
3.2 menganalisis
     interaksi sosial dalam
     ruang dan
     pengaruhnya
     terhadap kehidupan
     sosial, ekonomi dan
     budaya dalam nilai
     dan norma serta
     kelembagaan sosial
     budaya



4.2 menyajikan hasil
     analisis tentang
     interaksi sosial
     dalam ruang dan
     pengaruhnya
     terhadap kehidupan
     sosial, ekonomi dan
     budaya dalam nilai
     dan norma, serta
     kelembagaan sosial
     budaya

Manusia, Tempat dan Lingkungan

A.   Pengertian ruang dan Interaksi antar ruangKonektivitas antar ruang
1.   Saling Melngkapi
2.   Persebaran Penduduk




B.   Letak dan Luas Indonesia
1.   Pemahaman lokasi melalui peta
2.   Letak dan Luas Indonesia








C.   Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia
1.     Potensi Sumber daya alam Indonesia
2.     Potensi kemaritiman Indonesia


D.   Dinamika Penduduk Indonesia
1.   Jumlah penduduk
2.   Persebaran penduduk
3.   Komposisi penduduk
4.   Pertumbuhan dan kualitas penduduk
5.   Keragaman dan etnik budaya


E.   Kondisi Alam Indonesia
1.   Keadaan fisik wilayah
2.   Flora dan fauan









F.   Perubahan Akibat Interaksi Antar ruang
1.   Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan
2.   Perubahan penggunaan lahan
3.   Perubahan orientasi mata pencaharian


·       Interaksi sosial:
    pengertian,
    syarat, dan
    bentuk
    (akomodasi,
    kerja sama,
    asimilasi)

·       Pengaruh interaksi sosial
Terhadap
    Pembentukan
    lembaga sosial,
    budaya,
    ekonomi,
    pendidikan dan
    politik

·       Lembaga sosial:
    pengertian,
    jenis dan
    fungsi
    (ekonomi,
    pendidikan,
    budaya, dan
    politik)



3.1.1. Menjelaskan pengertian konsep ruang dan interaksi antar ruang
3.1.2 Menyebutkan contoh interaksi antar   Ruang.
3.1.3. Menjelaskan faktor penyebab terjadinya  Interaksi antar ruang.
3.142  Menganalisis dampak dari adanya interaksi antar ruang terhadap kehidupan Manusia dalam aspek ekonomi,sosial, Budaya dan pendidikan.


3.1.1 Menjelaskan pengertian peta
3.1.2 Menyebutkan komponen dari peta.
3.1.3.Menjelaskan pengertian, macam dan fungsi dari skala
3.1.4 Menyebutkan letak wilayah Indonesia secara geografis, astronomis, dan geologis.
3.1.5 Menjelaskan dampak letak geografis, astronomis dan geologis wilayah Indonesia
3.1.6 Menjelaskan dampak luas wilayah Indonesia


3.1.1  Menjelaskan persebaran sumber daya
3.1.2  Menjelakan potensi Hutan Indonesia
3.1.3  Menjelakasn potensi tambang Indonesia.
3.1.4. Menjelaskan potensi kemaritiman Indonesia
3.1.5 Menjelakasn potensi perikanan Indonesia
3.1.6 Menjelaksan potensi Hutan mangrove
3.1.7 Menjelakan potensi terumbu karang



3.1.1  Menjelaskan pengertian penduduk.
3.1.2. Menjelaskan komposisi penduduk
 3.1.3 Menjelakan jumlah penduduk
3.1.3 Menjelaskan Persebaran penduduk
3.1.4 Menjelaskan pertumbuhan, kuantitas dan kualitas penduduk
3.1.5 Menjelaskan keragaman dan etnik budaya Indonesia



3.1.1    Mendeskripsikan keadaan bentuk muka bumi Indonesia
3.1.2     Menjelaskan iklim di Indonesia
3.1.3     Mendeskripsikan geologi Indonesia
3.1.4     Mendeskripsikan keragaman flora dan fauna Indonesia
3.1.4 Menjelaskan factor-faktor flora dan fauna
3.1.5 menjelaskan pembagian fauna
3.1.6 Menjelaskan upaya pelestarian flora dan fauna


3.1.1  Menjelaskan pengaruh interaksi antar ruang terhadap kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
3.1.2  Menjelaskan akibat interaksi antar ruang







3.2.1       Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
3.2.2       Mendeskripsikan syarat interaksi social.
3.2.3       Membedakan bentuk-bentuk interaksi sosial.
3.2.4       Menjelaskan bentuk interaksi Asosiatif
3.2.5       Membedak bentuk Interaksi Disosiatif



3.2.1       Menjelaskan pengertian pengaruh interaksi social terhadap pembentukan lembaga social.
3.2.2       Memberikan contoh pengeruh interkasi social terhadap pembentukan lembaga sosial



3.2.3       Menjelaskan pengertian lembaga social.
3.2.4       Menjelaskan jenis-jenis lembaga social.
3.2.5       Menjelaskan fungsi-fungsi lembaga social.
3.2.6       Menyebutkan contoh lembaga social
3.2.7       Menjelsakn lembaga social keluarga
3.2.8       Menjelsakn lembaga social agama
3.2.9       Menjelsakn lembaga social ekonomi
3.2.10     Menjelsakn lembaga social politik
·         Mensimulasikan interaksi antar ruang, mengamti slide , gambar, diskusi dan membaca buku







·         Peserta didik mengamati peta Indonesia, slide, gambar dan membaca buku dan diskusi








·         Peserta didik mengamati tayangan video, gambar dan slide dan membaca buku siswa tentang  potensi sumber daya Alam Indonesia

·         Peserta didik mengamati tayangan slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang  dinamika penduduk Indonesia


·         Peserta didik mengamati tayangan slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang  keadaan fisik wilayah Indonesia serta flora dan fauan

·         Peserta didik mengamati tayangan slide , lingkungan sekitar dan membaca buku siswa tentang  interaksi antar ruang

·         Mensimulasikan interaksisosial, mengamti slide, gambar, diskusi dan membaca buku



·         Peserta didik mendiskusikan  dengan mengamti slide, gambar, dan membaca buku



·         Peserta didik mendiskusikan tentang lembaga social dan membaca buku siswa
Metode:
Diskusi, ceramah, penugasan


Model Pembelajaran:
Inquiry, Discovery learning, PBL





Metode:
Diskusi, Penugasan, tanya jawab



Model Pembelajaran:
Inquiry,  discovery, PBL




Metode:
Diskusi, Penugasan, tanya jawab


Model Pembelajaran:
Inquiry, PBL



Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab


Model Pembelajaran:
Inquiry, discovery




Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab


Model Pembelajaran:
Discovery learning
Inquiry learning



Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab


Model Pembelajaran:
Discovery , PBL


Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab

Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry


Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab

Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry


Metode:
Diskusi, ceramah, tanya jawab


Model Pembelajaran:
Discovery , Inquiry
Sikap:
Observasi/jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja



Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja





Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Observasi
Penugasan
Unjuk kerja

Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja



Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja



Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja
Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja

Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja

Sikap:
Observasi / jurnal

Pengetahuan:
Tes tertulis / uraian

Keterampilan:
Penugasan
Unjuk kerja



4 JP











6 JP













10 JP











8 JP










8JP











4 JP








8 JP








4         JP






14 JP














·     Peta Indonesia
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
·     Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
·     Media cetak /elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet


·     Peta Indonesia
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
·     Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
·     Media cetak /elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet



















·     Peta Indonesia
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Kemendikbud RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
·     Buku IPS Kelas VII penerbit Yudistira
·     Buku IPS kelas VII penerbit Erlangga
·     Media cetak /elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet


·     Bersyukur
·     Rasa ingin tahu
·     Peduli lingkungan







·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Peduli lingkungan











·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Peduli lingkungan
·     Rasa ingin tahu




·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Rasa ingin tahu








·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Kepedulian
·     Rasa ingin tahu







·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Kepedulian
·     Rasa ingin tahu





·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Toleransi






·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Kerja keras





·     Bersyukur
·     Kerja sama
·     Kerja keras

Mengetahui,
Kepala  Sekolah





______________________


Bangkinang,     Juli 2017
Guru Bidang Studi






_________________
                              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP Kelas 7 K 13 BAB I REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan     : …… Mata Pelajaran : Ilmu Pen...