Senin, 30 Oktober 2017

RPP Kelas 7 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                    :
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                        : VII / Ganjil
Materi Pokok               : Fauna di Indonesia
Alokasi Waktu             :  2 x 40 menit ( 1 Pertemuan )

A.     Kompetensi Inti

1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni, budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
3.1.1        Mendeskripsikan keragaman fauna di Indonesai
3.1.2        Membedakan fauna di wilayah Indonesia
3.1.3        Mendeskripsikan pelestarian fauna

4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupanmanusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
4.1.1        Peserta didik Menyajikan pengetahuan mengenai keragaman fauna di Indonesai
4.1.2        Peserta didik Mempresentasikan pengetahuan tentang keragaman fauna di Indonesai

C.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
a.         Menjelaskan keragaman fauna di Indonesia
b.         Menjelaskan pembagian fauna di Indonesia
c.         Menjelaskan upaya pelestarian fauna
d.        Menyajikan pengetahuan mengenai keragaman fauna di Indonesai
e.         Mempresentasikan pengetahuan tentang keragaman  fauna di Indonesai

Fokus penguatan karakter:
     Bertanggung jawab, kerja keras

D.  Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
Fakta                     : Keragaman Fauna di Indonesia
Konseptual         : Pengertian garis wallace dan weber

2.      Materi pembelajaran remedial
Pembagian fauna di Indonesia

3.      Materi pembelajaran pengayaan
Konektivitas antar ruang


E.  Metode, Pendekatan dan Model Pembelajaran
Metode        : Diskusi
Pendekatan : Saintifik
Model         : Discovery Learning

F.   Media dan Bahan
1.      Media
Gambar-gambar tentang fauna di Indonesia, slide dan  Laptop
2.      Bahan
Kertas, spidol.

G. Sumber Belajar
1.      Kemendikbud RI, 2016. Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII: Jakarta, Halaman 69
2.      Kemendikbud RI, 2016. Buku guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII: Jakarta, Halaman 76

H. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
Langkah-langkah Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan


v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari
  • Mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari. Apa itu garis wallace?
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  1. Guru mebagi siswa 5 kelompok setiap kelompok 5 orang sesuai dengan kelompok materi flora
107
10 Menit
2
Kegiatan Inti
60 menit

Menciptakan
Situasi
(Stimulasi)
Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
 

Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan
-            Apa saja pembagian fauna di Indonesia
-            Cara mencegah kepunahan fauna di Indonesia


Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah

Menanya
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan gambar di slide.
Ø  Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menyampaikan rumusan pertanyaan yang telah didiskusikan.


Pengumpulan data
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi dengan membaca buku siswa


Pengolahan Data
Mengasosiasi
Ø  Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
Ø  Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.


Generalisasi
Mengkomunikasikan
Ø  perwakilan dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
Ø  Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.

3
Kegiatan Penutup
10 menit


1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik mengenai hal-hal yang belum dipahami
3)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
4)    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
5)    Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada pertemuan yang akan datang.

I.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.         Teknik penilaian Sikap

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rerata
Nilai
Bertanggung jawab
Kerja keras

4
3
2
1
4
3
2
1

    1.             










      2.             










      3.             










      4.             










      5.             












SKOR :
4  =  Sangat baik
3  =  Baik
2 =   Cukup baik
1  =  Kurang   Baik
                                                           








a.       Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket
1


Jelaskan pembagian fauna di Indonesia?


2
Jelaskan perbedaan garis weber dan wallace?
3
Sebutkan contoh dari fauna asiatis?
4
Sebutkan contoh dari fauna peralihan?
5
Jelaskan upaya pelestarian fauna di Indonesia?


b.      Keterampilan                     : Penilaian kinerja
Teknik                               : Observasi
Instrumen Penilaian                       : Kinerja
Bentuk Instrumen              : Rubrik penilaian / Terlampir

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian Harian, peserta didik yang belum tuntas belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
     belajar kelompok
     pemanfaatan tutor sebaya

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian Harian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dengan materi konektivitas antar ruang




Mengetahui,
Kepala Sekolah




(………………….

……………………..
Guru Mata Pelajaran




( ………………….. )


































LAMPIRAN

A. Penilaian Sikap
1.    Teknik penilaian: Observasi
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
 No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rerata
Nilai
Bertanggung jawab
Kerja keras

4
3
2
1
4
3
2
1

    1.             










      2.             










      3.             










      4.             










      5.             












SKOR :
4  =  Sangat baik ,              3  =  Baik,                   2 =   Cukup baik                     1  =  Kurang   Baik
                                                           

B. Penilaian Pengetahuan
       1. Teknik Penilaian: Tes tertulis bentuk uraian
       2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
           a.  Instrumen Penilaian
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(SOAL URAIAN)

1)  Petunjuk Umum
(a)    Instrumen penilaian pengetahuan ini berbentuk  soal uraian.
(b)  Soal  ini dikerjakan oleh peserta didik

2)   Petunjuk Pengisian
                Kerjakan soal berikut dengan singkat dan jelas!
1)      Soal.
No
Indikator Soal
Butir Soal
1
Peserta didik dapat menjelaskan pembagian fauna di Indonesia
Jelaskan pembagian fauna di Indonesia?
2
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan garis weber dan wallace
Jelaskan perbedaan garis weber dan wallace?
3
Peserta didik dapat menyebutkan contoh fauna asiatis
Sebutkan contoh dari fauna asiatis?
4
Peserta didik dapat menyebutkan contoh fauna peralihan
Sebutkan contoh dari fauna peralihan?
5
Peserta didik dapat menjelaskan upaya pelestarian fauna di Indonesia
Jelaskan upaya pelestarian fauna di Indonesia?
 
  b.  Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Fauana asiatis, peralihan dan australiatis
20
2
Wallace adalah garis pemisah antara fauna asiatis dan peralihan
Webber adalah pemisah antara fauna peralihan dengan autraliatis
20
3
Gajah, harimau yang berada di pulau sumatera
20
4
Anoa, burung meleo yang terdapat di Sulawesi
20
5
Upaya pelestarian fauna adalah dengan membuat suaka marga satwa
20
Totak Skor
100



C. Penilaian Keterampilan
       1. Teknik Penilaian: Penilaian Kinerja 
       2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
            a. Kinerja proses

LEMBAR OBSERVASI KINERJA


Mata pelajaran : IPS
Kelas/Semester             : VII/I

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rerata
Nilai
Sistematika Laporan
Kesesuaian Materi

4
3
2
1
4
3
2
1

    6.             










      7.             










      8.             










      9.             










  10.             











SKOR :
4  =  Sangat baik, apabila sesuai dengan sistematika laporan dan materi dan tepat waktu
3  =  Baik, apabila sesuai dengan sistematika laporan dan materi tapi tidak tepat waktu
2 =   Cukup baik, hanya salah satu yang sesuai dengan laporan atau materi
1  =  Kurang   Baik apabila tidak sesuai
                                                           


























…………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP Kelas 7 K 13 BAB I REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan     : …… Mata Pelajaran : Ilmu Pen...